Kamis, 18 September 2014

LAMPUNGKU KELAHIRANKU



LAMPUNGKU KELAHIRANKU


                   Hai guyyssss......
          Kali ini saya akan membahas tentang budaya lampung, sangat banyak budaya yang terdapat di kota kelahiranku sebenarnya. Tapi kali ini saya akan membahas busana adat lampung dan rumah adat lampung saja.
          Di kotaku sangat dikenal sebagai penghasil kain tapis, kain tenun bersulam benang emas yang indah. Kain ini dibuat oleh wanita. Pada penyelenggaraan upacara adat, seperti perkawinan, tapis yang dipenuhi sulaman benang emas dengan motif yang indah merupakan kelengkapan busana adat daerah Lampung.


ini contohnya guyyss keren kan .. 

Di kepalanya mempelai wanita itu terdapat mahkota siger yang sebagai kebanggaan orang lampung sendiri. Itu juga menandakan bahwa itu ciri khas orang lampug.









Yang kedua saya akan membahas rumah adat lampung guuyyysss

ini fotonya guyyssss

Rumah  adat Lampung, biasanya itu sering disebut Nuwo Sesat, khasnya itu seperti: berbentuk panggung, atap terbuat dari anyaman ilalang, terbuat dari kayu dikarenakan untuk menghindari serangan hewan dan lebih kokoh bila terjadi gempa bumi, karena masyarakat lampung telah mengenal gempa dari zaman dahulu dan lampung terletak di pertemuan lempeng Asia dan Australia.


Itu sedikit informasi tentang budaya lampung..
Tunggu post-post berikutnya ya guuyyssss..... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar